Pengalaman menjadi kontributor di Google Map

Pengalaman menjadi kontributor di google map

Google Map sekarang menjadi salah satu layanan yang sering digunakan pengguna Google. Misalnya buat seseorang yang sedang berkendara dan ingin dipandu sampai ke tempat tujuan, maka Google Map jadi pilihan.

Dijaman pemesanan angkutan kendaraan online sekarang, Google Map juga menjadi standar utama dalam penggunaan aplikasinya. Ojek online atau Taxi online harus digunakan berdasarkan Google Map.

Tapi, Google Map bukanlah sebuah layanan paling lengkap yang memuat segala macam data di peta. Misalnya : ada Restoran yang sudah lama tutup, sementara data yang ada di Google Map ternyata masih tersedia. Nah Google memberi ruang atau kesempatan buat siapa saja yang kebetulan singgah ditempat itu dan memberi masukan (kontribusi) bahwa restoran itu telah ditutup.

Karena ketidaklengkapan data real itu maka Google Map mengajak kepada siapa saja untuk turut serta memberikan masukan data. Tujuannya adalah untuk kelengkapan data real yang bisa terus terkini (update).

Menjadi seorang Kontributor di Google Map tidaklah sulit dan tentu tidak berbayar (Gratis). Cukup hanya dengan punya akun Google dan punya aplikasi Google Map.

Kontributor (atau biasa disebut Google sebagai Local Guides) memang tidak diwajibkan atau tidak terikat dengan Google. Tapi jika seorang kontributor rajin memasukkan kontribusinya, pihak Google otomatis akan memberikan Penghargaan.

Apa saja Penghargaan itu ?

1. Poin
semakin banyak memberi masukan maka semakin banyak juga poinnya.

2. Level
Semakin banyak poin yang didapat, maka semakin naik juga levelnya.
Nah... Jika semakin tinggi level seorang Local Guides maka tentu akan sangat diperhatikan pihak Google.

Kenapa seorang kontributor yang levelnya tinggi akan dilirik pihak Google ? Alasannya seserhana : Karna semakin banyak memberi kontribusi ke Google Map, itu artinya seorang kontributor sudah membantu banyak orang (pengguna Google Map).

Apa saja bentuk perhatian dari Google kepada seorang kontributor aktif ?

Saya sendiri menjadi seorang Local Guide (kontributor) awalnya hanya iseng sebagai sampingan diwaktu senggang :) Karna hampir setiap hari saya memberi kontribusi, ternyata poin dan level saya terus bertambah.

Sampai pada suatu malam, saya mendapat kiriman email dari Google Local Guides yang isi ternyata adalah Kupon Disc Rp.150.000 menginap di Hotel :)

Pengalaman menjadi kontributor di google map

Join disini untuk melihat informasi lengkap

Mungkin bagi orang lain Rp.150.000 adalah hal yang tidak istimewa, tapi buat saya ini adalah sebuah nilai yang menyenangkan atas usaha kecil seorang Local Guide :)

Kenapa saya bilang sebuah nilai atas usaha kecil ?
Sekali saya katakan bahwa menjadi Local Guide di Google Map tidak mengeluarkan setitik keringat :) sangat mudah seperti menulis 20 karakter untuk status di sosial media hehe...

Apa saja yang harus dilakukan seorang Local Guide untuk mendapat POIN, LEVEL DAN REWARD ? Mudah sekali tentunya :

> buka aplikasi Google Map
> Login ke akun Google

Lanjutkan dengan membuka Peta di lokasi sekitar tempat kita. Cari sebuah tempat di Google Map dan lakukan ini :

> Memberi Nilai/Bintang sebuah tempat (Rating)
> Tulis review sebuat tempat. Misalnya menceritakan pengalaman ketika berada di suatu tempat (Mall misalnya). Semakin panjang reviewnya, semakin bagus juga nilainya.
> Mengupdate informasi tentang suatu tempat (Edit Tempat). Misalnya Alamat dll.
> Menambahkan tempat baru. Misalnya ada Toko atau Restoran yang baru buka.
> Menambahkan foto tempat yang dikunjungi. Misalnya pada saat kita berada disebuah Hotel.

Sangat mudah sambil menikmati secangkir kopi panas :)
Selanjutnya, terus memberi kontribusi dan semoga mendapat kejutan lagi dari Google Local Guides.

> #LetsGuide <

Ikuti link ini untuk informasi lebih lengkap