Rokok Camel di Indonesia

Rokok camel di indonesia

Bagi penikmat Rokok Putih
(istilah rokok tembakau),
pasti udah kenal sama si Joe Camel :)

Rokok yang diproduksi sejak tahun 1913 ini emang cukup lama menghilang dari dunia rokok Indonesia.

Ditempat gue aja (Manado) baru akhir tahun 2016 mulai di distribusi. Kaget juga sih sama penampakan kembali Camel di Manado, skaligus penasaran pengen ngasih info kalo Camel skarang gak harus repot beli di luar daerah.

Owh iya guys,
pasti banyak yang nanya
kenapa sih rokok ini dikasi nama
Camel (Unta) ?

Menurut info dari beberapa situs yang ngebahas tentang Camel, katanya sih karna rokok ini dibungkus pake kertas Turki dan menggunakan campuran Tembakau Turki dan Lokal (Virginia). Makanya kemasan pertama Camel di tahun 1913 sangat identik dengan nuansa Timur Tengah.

Rokok Camel
Tampilan depan kemasan Camel 1913

Rokok Camel
Tampilan belakang kemasan Camel 1913

Atau bisa jadi nama dan logo Camel ini adalah ide kreatif dan unik dari sang Bos Besar pembuat rokok ini (R.J Reynolds).

Nah guys,
kira2 siapa yah yang kembali masukin
rokok Camel ke Indonesia ?

Sebelumnya gak jelas juga sih siapa ato perusahaan lokal Indonesia mana yang dulu pernah jadi tukang nyebarin Camel. Bisa jadi mungkin salah satu perusahaan rokok besar, tapi yang jelas di akhir tahun 2016 dan awal 2017 rokok ini masih di import dari luar.

Sebenarnya gampang kok caranya kalo pengen tau siapa yang skarang nyebarin Camel di Indonesia :) Beli dulu deh di Toko ato Supermarket deket rumah trus perhatikan dan baca di kemasannya.

Jelas banget tertulis kalo rokok Camel Indonesia di distribusikan oleh salah satu perusahaan rokok putih terbesar dunia *Japan Tobacco Internasional JTI (Anak Perusahaan *Japan Tobacco) yang di impor melalui pabrik JTI di Malaysia.

JTI sendiri di bentuk tahun 1999 pada saat Japan Tobacco membeli Camel dari pemiliknya (R.J Reynolds), dan membuka kantor cabangnya di Jakarta. Makanya dapat bocoran kalo Camel udah laris manis di Jakarta dan Bali, bisa jadi juga menyusul di Manado dan daerah lainnya di Indonesia :)

Komplit deh JTI punya produk rokok kelas dunia seperti :
Mevius (Mild Seven)
Winston
Camel
dll.

Rokok camel di indonesia

Dari penulusuran gue di Manado, Camel udah bisa didapat dengan 3 variant : Black, White dan Camel Activate PurpleMint (menthol rasa buah cuuy hehe... pencet trus rasakan kesegaran rasa dan aroma buahnya).

Selain 3 variant Camel diatas, rokok paling ngetrend di Jepang (Mevius/Mild Seven) juga ikutan nongol di Manado :)

Melvius punya rasa yang lebih ringan dan dilengkapin dengan Charcoal filter yang bisa bantu menyerap racun dari asap rokok.

Makanya nih guys, komposisi TAR dan NIKOTIN Melvius lebih rendah dibanding Camel yaitu 7 MG TAR dan 0,6 MG NIKOTIN.

Disusul Camel Activate Purple Mint dengan 8 MG TAR dan 0,6 MG NIKOTIN > Camel Lights dengan 8 MG TAR dan 0,7 MG NIKOTIN > Camel Black dengan 13 MG TAR dan 1,1 MG NIKOTIN.

Rokok Camel di Indonesia
Mevius Lights (Mild Seven) kemasan Indonesia

Welcome Back Joe Camel,
Moga betah di Indonesia.