Pentingkah Aplikasi pembersih di Android ?

pentingkah aplikasi pembersih di android

Penawaran berbagai macam aplikasi tambahan di Android emang bikin pengguna klepek klepek tertarik dan pengen nyoba.

Termasuk aplikasi pembersih yang skarang lagi boming banyak digunakan para pengguna.

Khusus buat pengguna baru android, aplikasi pembersih android ini jadi target utama sbagai aplikasi tambahan.

Nah yang jadi pertanyaan besar, apakah penting aplikasi pembersih tambahan ini digunakan ?

Jawabannya sih tergantung hehe...
Kalo hanya sekedar pengen nyoba, gak masalah mungkin.
Dengan mencoba aplikasi ini, kita bisa secara langsung dapat input menarik apakah emang penting ato gak :)

Nah, sekedar berbagi pengalaman menggunakan aplikasi pembersih android. mungkin bisa jadi referensi penting buat loe yang belum pernah mencoba aplikasi ini.

Yang penting diketahui :
  • Pada dasarnya, pengembang aplikasi tambahan yang banyak pamer hasil kreasinya di Marketplace (Google Play misalnya) punya kepentingan komersil. Ujung2 pasti jualan ato cari keuntungan hehe.
Gak mungkin donk udah capek2 bikin aplikasi tapi kagak ada kembalian keuntungan ! Lalu darimana keuntungan para pengembang aplikasi ?

Mudah ditebak guys, IKLAN adalah salah satu sumbernya !

Jadi jangan kaget kalo banyak bermunculan iklan di aplikasi tambahan yang kita gunakan diandroid.

Loh kan aplikasinya GRATIS ?

bener banget guys, emang gratis pada saat didownload dari marketplace ! tapi penawaran iklan yang muncul diaplikasi gratis ini yang bikin pengguna makin tergiur pengen nyoba. Pada saat pengguna ngeKlik iklannya aja, pengembang udah dapat duit :) Ditambah juga kalo pengguna download aplikasinya, siiip duit mengalir lagi.

Loh gue kan gak kepengaruh sama iklannya !

Anggap aja kita gak main klik iklannya, kita gak download aplikasi lewat iklan yang ditawarin. Tapi semakin banyak iklan yang muncul dari aplikasi tambahan maka semakin berpengaruh gak baik juga buat dompet kuota kita :)

  • Sebelum mendownload aplikasi tambahan, harus tau dulu donk kemampuan memori RAM perangkat android kita. Sekalipun memory RAM perangkatnya gede', semakin banyak aplikasi tambahan yang didownload maka semakin penuh juga memorinya. Kalo udah penuh ato ruang kosong memorinya udah kecil, maka udah jelas berpengaruh gak bagus buat kinerja androidnya.
Oke guys... kembali lagi ke 'apakah penting aplikasi pembersih tambahan di android ?'

Sesuai pengalaman gue, gak terlalu penting sih !
Kenapa gak terlalu penting ?

Pada dasarnya, aplikasi ini bekerja membersihkan file2 sampah dan data cache diperangkat android.

File sampah yang dimaksud adalah misalnya folder dari sebuah aplikasi yang udah dihapus. Perlu diketahui kalo aplikasi yang udah dihapus bakalan ninggalin folder yang gak otomatis ikut terhapus dan masih berada di memori perangkat.

Data Cache adalah ? hmm kalo dijelasin sesuai bahasa bakunya sih repot juga :) ilustrasinya sperti ini kira2 : "Ibarat kita punya buku notes, semua kegiatan ato apapun ditulis pake' pensil biar gak lupa. Nah semakin banyak yang kita tulis maka semakin penuh juga isi buku notesnya. Biar gak kepenuhan maka jalan satu2 adalah dihapus dengan penghapus".

Jadi Cache itu adalah folder tempat menyimpan semua data aktifitas aplikasi. Semakin banyak chacenya maka semakin berpengaruh juga dengan memori perangkat.

Apakah yakin aplikasi ini bisa
menghapus semua file sampah dan cache ?

Biar gak penasaran, gue coba menggunakan salah satu aplikasi pembersih untuk android (Power Clean). Cara menggunakannya sangat mudah, aplikasi ini otomatis menampilkan apa yang akan dibersihkan, lalu tekan tombol bersihkan. Hasilnya muncul data apa yang udah dibersihkan.

WOW... sangat meyakinkan aplikasi ini sukses membersihkan android dari file sampah. Pengguna yang kegirangan lompat sana lompat sini sambil teriak 'horeeee android gue udah kinclonk' hehehe...

Gue sih gak semudah itu percaya !!!

Sbagai pembuktian untuk bener2 meyakinkan, gue buka 'Aplikasi File Manager' untuk melihat folder folder sampah apakah udah terhapus ato blom ?

Ups... ternyata masih ada folder sampah dari bekas Browser Dolphin yang udah pernah gue hapus (namanya TunnyBrowser) ! Komplit loh sama Cache yang gak ikut kehapus.



Jadi ragu juga nih sama kualitas aplikasi pembersih ini !
Gimana kalo nyobain lagi aplikasi pembersih lainnya ? ok deh gue coba dengan aplikasi lain yang fungsinya masih sama (CCleaner tanpa iklan). wah keren juga, aplikasi lain ini ternyata bisa bersihin Papan Clipboard.

Tapi guys... hasilnya tetap sama ! Data papan clipboard gue ternyata masih blom kehapus ! heran gue, katanya bisa hapus memori clipboard ?

Cara mengetahui isi dari papan clipboard cukup mudah guys, bisa dibuka melalui MEMO bawaan perangkat (Samsung Tablet *setiap merek mungkin berbeda). caranya : buat sebuah memo lalu Tekan dan Tahan untuk menampilkan papan clipboardnya.



Kesimpulannya :
Jangan berharap lebih dari aplikasi pembersih tambahan ini, takutnya kecewa loh :) Aplikasi pembersih di android gak seampuh cara manual membersihkan file sampah dan folder cache dari aplikasi File Manager. Bahkan Aplikasi File Manager bisa menampilkan file gambar yang udah pernah dihapus sebelumnya (misalnya gambar dari aplikasi Whatsapp yang sebelumnya udah dihapus dari galeri).

Menggunakan aplikasi pembersih tambahan gak 100% membantu kinerja perangkat. Justru aplikasi populer inilah yang menambah beban memori dengan tampilan iklan dan fitur tambahan lainnya. Untuk hasil pembersihan yang memuaskan, bisa dilakukan secara manual dari Pengaturan.

Yang perlu di ingat juga nih guys, aplikasi pembersih gak berlaku untuk membersihkan cache dan cookie Browser bawaan perangkat ato browser tambahan lainnya, jadi tetap harus dilakukan secara manual dari pengaturan browser.

Buat loe yang doyan browsing, ngeblog dan aktifitas internet lain yang menggunakan browser, perlu juga sewaktu2 membersihkan browsernya. manfaatnya udah jelas untuk meningkatkan kinerja browser dan perangkat androidnya.

Jika aplikasi pembersih yang dengan bangganya selalu ngaku sebagai aplikasi terbaik gak bisa memuaskan pengguna, ato jika aplikasi pembersih gak terlalu penting didownload,

Lalu apa solusinya ?
  1. Untuk yang aplikasi pembersihnya udah jadi bawaan perangkat dan gak bisa dihapus, boleh gunakan aplikasinya secara offline untuk mengurangi pemakaian data internet karna iklan.
  2. Pembersihan file sampah dan folder cache bisa dilakukan melalui aplikasi File Manager tanpa pop up iklan yang mengganggu dan tanpa fitur tambahan yang banyak konsumsi memori. Bahkan dengan aplikasi ini, file2 tersembunyi yang gak bisa diliat normal di perangkat bisa ditampilkan.
  3. Cache diperangkat android bisa juga dibersihkan langsung secara manual dari pengaturan aplikasi di android. Caranya baca DI SINI. (*setiap merek mungkin berbeda caranya).
  4. Kalo emang ngotot pengen punya aplikasi pembersih, sebaiknya pilih yang tanpa iklan seperti CCleaner.
  5. Jadwalkan pembersihan Browser dari cache dan cookie. Caranya langsung dari pengaturan browser.
  6. Yang doyan Screenshot gambar dan CopyPaste, jangan lupa bersihkan papan clipboardnya. Caranya sperti yang gue jelasin di atas, kalo papan clipboardnya udah muncul dengan tampilan semua gambar yang pernah di screenshot dan teks yang pernah di copypaste segera tekan *Ubah dan hapus. Cara ini juga cukup berpengaruh mengurahi beban memori. (Screenshot MEMO di Samsung Tablet)



Selain 6 solusi diatas, nih gue tambahin bonus guys :)
Cara mudah membersihkan memori RAM tanpa aplikasi.
(Samsung Tablet) *setiap merek mungkin berbeda caranya.

Tekan dan tahan tombol Home.
Muncul tampilan seperti gambar di atas,
lalu ketuk *Pengelola Tugas

Nah di dalam Pengelola Tugas, ada 4 pilihan tindakan guys...
1. Aplikasi Aktif : Akhiri semua aplikasi yang aktif untuk kinerja android yang lebih baik.
2. Terdownload : Bisa digunakan untuk menghapus aplikasi.
3. PENGELOLA RAM : Untuk menghapus Memori RAM.
4. Penyimpanan yang hanya berisi Info kapasitas memori.

Tindakan menghapus memori RAM (nomor 3).
Menghapus memori RAM sama juga dengan mengakhiri aplikasi yang sedang aktif di belakang layar

So... pilihan ada ditangan sendiri guys :)
Mau pake' aplikasi pembersih tambahan ?
Ato lakukan pembersihan manual ?

Silahkan kunjungi Artikel ini
 untuk mengetahui cara pembersihan manual lainnya.