Mengenang 3 Band GodFather of Grunge


Pecinta musik Rock di era 90an emang familiar banget dengan 3 Band GodFather of Grunge ini (Nirvana, Soundgarden dan Pearl Jam). Era yang identik dengan musik rock bersuara Distorsi berat, lirik yang apatistis dan melankonis, serta hingar bingar panggung yang bisa dibilang rusuh lompat sana lompat sini :)

Berbeda dengan anak2 band di era skarang yang udah terbiasa dengan peralatan efek modern yang isinya bisa muat sekoper, anak2 band di era 90an cukup hanya bermodal efek Distorsi loh guys :). Gak repot colok sana colok sini, hanya sekali tekan ! Suara Distorsi yang keluar dari Gitar udah bisa panasin suasana ngeband dan panggung.

Owh iya guys, sebenarnya musik dengan genre Grunge biasa juga disebut Musik Seattle Sound. Kenapa disebut Seattle Sound ? Alasannya sederhana guys, karna genre ini lahir dan dipopulerkan di Kota Seattle Amerika.

Grunge ato Seattle Sound bersumber dari genre Rock Alternatif yang sangat populer juga di era 90an. Secara umum, Musik Rock Alternatif mencakup banyak sub genre sperti Grunge, Indie, Punk dll. Genre yang banyak melahirkan band2 underground yang memulai karir musiknya dari jalanan, cafe dan promosi hanya dari mulut ke mulut.

Tapi guys, perjalanan karir bermusik band2 Alternatif gak lepas dari masalah sosial yang terjadi di Amerika era 90an sperti penggunaan obat terlarang dan depresi karna keadaan lingkungan.

Makanya jangan heran jika kebanyakan band2 Alternatif banyak mengangkat tema tentang obat terlarang dan curhatan depresi. Hasilnya juga banyak berpengaruh dengan band2 alternatif di Indonesia, "Gak asik ngeband kalo gak mabok" hehe.


Nirvana
Band Grunge paling fenomenal dan melegenda. Gimana bisa seorang Kurt Cobain yang pemabuk dan depresi bisa membawa Nirvana sbagai satu2nya band grunge didunia yang pernah sukses menduduki jawarah (Nomor 1) di tangga Album Billboard dan menggeser posisi sang King of Pop Michael Jackson.

Album Nevermind dengan singel favorit Smells Like Teen Spirit menjadi satu2nya album band grunge yang merajai musik rock dunia di tahun 1992, dan menjadikan Kurt Cobain sbagai musisi terbaik digenerasinya saat itu.



Soundgarden
Meskipun gak sesukses Nirvana, band ini adalah band grunge pertama yang dikontrak label ternama A & M Records di Amerika.

Album mereka yang cukup dikenali di dunia adalah Superunknown yang punya beberapa single hits sperti Black Hole Sun, Spoonman dan Fell On Black Days.

Menurut gue, konsep musik yang dimainkan Soundgarden memang berbeda dengan band grunge lainnya, band ini tampil dengan materi yang lebih bervariasi dan eksperimental. Soundgarden sesuai dengan namanya, adalah band grunge yang paling unik dan punya ciri khas tersendiri.



Pearl Jam
Band ini mulai merajai dunia grunge stelah kepergian ikon grunge Kurt Cobain (Nirvana). Dibandingkan Soundgarden, Pearl Jam jauh lebih populer di Indonesia stelah Nirvana.

Single Daughter dari album kedua band ini sangat dikenali penikmat rock di Indonesia. Bahkan penggemar Pearl Jam Indonesia yang tergabung di PJ-ID udah brapa kali nyobain datangin band favoritnya, meskipun usahanya  blom membuahkan hasil ! Paling gak Film Dokumenter yang bertajuk PJ20 (Pearl Jam Twenty) sukses bisa masuk dan diputar di Indonesia (Studio Epicentrum XXI Jakarta, Selasa 20 September 2011) atas usaha dan negosiasi PJ-ID.




Kepopuleran Grunge sangat berpengaruh dengan perkembangan musik Rock modern saat ini. Sbagai contoh, ketiga Band GodFather of Grunge ini slalu mendapat tempat spesial buat pemula yang pengen mengenal musik Rock lebih jauh. Skalipun karier ketiga band ini skarang hanyalah menjadi legenda bagi pecinta dan pemain musik Rock.