Kelebihan dan Kekurangan Opera Max di Android


Opera Max kini jadi familiar banget buat pengguna setia produk Opera di Android. Aplikasi yang terkenal dengan penghematan pemakaian data di lalu lintas internet Mobile dan Wi Fi sudah diunduh lebih dari 10 juta pengguna. Tapi bukan berarti Opera Max tidak punya kekurangan loh guys, berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari Opera Max

Kelebihan
  • Hemat data hingga 50%. Ini yang jadi andalan Opera di hampir semua produknya (Opera, Opera Mini dan Opera Max). Setiap data (teks, gambar dan video) yang masuk ke server Opera akan dikompres menjadi lebih kecil, alhasil umur pemakaian data pun jadi lebih panjang.
Kelebihan dan kekurangan opera max
Presentasi Hemat Data Internet di Opera Max


  • Mudah mengelola aplikasi yang terinstal di Android. Di menu utama Opera Max, kita bisa menemukan fitur *Kelola Aplikasi.
Kelebihan dan kekurangan opera max
Kelola aplikasi Opera Max

Fitur ini memungkinkan pengguna mengelola aplikasi, seperti :
1. Penghematan
Pilih aplikasi apa saja yang akan di nonaktifkan penghematan data oleh Opera Max dan mencegah server Opera untuk mengkompres data. Bisa jadi jika ada keperluan yang mengharuskan pengguna untuk mengakses dengan data penuh tanpa kompresi dan tanpa pengaruh apapun dari Opera Max.

Kelebihan dan kekurangan opera max
Ketuk aplikasi di sebelah kiri untuk menonaktifkan Opera Max

2. Belakang Layar
Cegah aplikasi yang otomatis aktif di belakang layar. Hal ini yang sering mengecoh pengguna perangkat canggih, tanpa diketahui beberapa aplikasi akan aktif dengan sendirinya di belakang layar dan tanpa diketahui juga akan menggunakan paket internet.

Kelebihan dan kekurangan opera max
Ketuk aplikasi di sebelah kiri untuk pencegahan aktif di layar belakang

3. Akses Mobile
Tentukan aplikasi apa saja yang akan diblokir agar supaya tidak bisa mengakses data (internet) seluler. Ini dimaksud untuk mencegah aplikasi yang diam-diam menggunakan internet, dan bisa menghemat penggunaan baterai.

Kelebihan dan kekurangan opera max
Ketuk aplikasi di sebelah kiri untuk memblokir penggunaan data.
Ketuk aplikasi di sebelah kanan untuk membatalkan.

Pada saat pengguna membuka aplikasi yang sudah masuk dalam daftar blokir penggunaan data internet, maka akan muncul keterangan seperti gambar dibawah ini. Ketuk *Izinkan untuk memboka blokir jika diinginkan.

Kelebihan dan kekurangan opera max


4. Akses Wi Fi
Blokir aplikasi agar tidak bisa mengakses data seluler pada saat tersambung di jaringan Wi Fi. Kebanyakan pengguna perangkat pintar melewatkan hal ini, memang tidak berpengaruh jika terkoneksi dengan jaringan Wi Fi Gratis yang banyak tersedia, tapi secara langsung berpengaruh dengan kinerja perangkatnya dan boros dalam penggunaan baterai.

Kelebihan dan kekurangan opera max
Ketuk aplikasi di sebelah kiri untuk memblokir penggunaan data melalui Wi Fi.
Ketuk aplikasi di sebelah kanan untuk membatalkan.


  • Koneksi Wi Fi lebih cepat. Ini menarik juga buat pengguna yang sedang asik menggunakan jaringan Wi Fi. Kita tahu sendiri bahwa jaringan Wi Fi yang kebanyakan tersedia Gratis dan banyak digunakan pada waktu yang bersamaan, akibatnya semakin banyak yang menggunakan maka semakin lambat juga koneksinya. Opera Max sangat membantu dengan kompresi data sehingga koneksi di jaringan Wi Fi jadi lebih ringan.
Tombol On Off Hemat Data


  • Hemat data di aplikasi populer. Pengguna aplikasi populer seperti Youtube, Line, Instagram, BBM, WhatsApp, Browser dan lain-lain, sangat diuntung dengan keberadaan Opera Max.
  • Privasi online terjaga. Opera Max bekerja dengan Sistem lalu lintas yang dikhususkan, disebut dengan Virtual Private Network  (VPN). Bisa dikatakan sebagai terowongan khusus di lalu lintas publik (umum). Dengan sistem ini maka data pribadi online pengguna akan aman terjaga, misalnya ketika pengguna sedang bertransaksi online dengan aplikasi jual beli yang mengharuskan pengguna memasukkan data-data keuangan yang sangat pribadi.
Baca artikel terkait
Warning ! Hati-hati Komunikasi di Dunia Internet

  • Minim penyimpanan data dan memori. Opera Max memang berbeda dengan aplikasi lain, meskipun terus aktif dan bekerja di belakang layar tapi aplikasi ini tidak menyimpan data dan memori yang besar. Pembuktiannya bisa dilihat langsung di *Info Aplikasi.
Data dan memori yang tersimpan di Opera Max


Kekurangan
  • Menggunakan data internet yang cukup besar. Opera Max harus selalu terkoneksi dengan jaringan internet, jadi jangan heran jika aplikasi ini masuk dalam daftar aplikasi Android yang menggunakan data internet terbanyak.
Hal ini ternyata di bantah oleh pihak Opera yang memberi penjelasan bahwa Opera Max tidak banyak menghabiskan data internet. Benar atau tidak, masing-masing pengguna mungkin punya penilaian berbeda.

Penilaian sederhananya adalah "Semakin banyak menggunakan aplikasi berbasis online maka semakin banyak juga menghabiskan paket internet".
Kelebihan dan kekurangan opera max
Penggunaan data internet Opera Max di Android
Kelebihan dan kekurangan opera max
Bantahan pihak Opera melalui
http://www.opera.com/id/help/max/android#appTraffic


  • Informasi jumlah Hemat Data Opera Max tidak akurat. Pengguna aplikasi ini sering mendapatkan informasi tentang jumlah penghematan, lalu muncul pertanyaan
"darimana perhitungan jumlah penghematannya?",
"Apa dasar perhitungannya sehingga muncul jumlah penghematan
yang disampaikan kepada pengguna ?".
Inilah jawaban pihak Opera tentang jumlah penghematan :

1. Penghematan berdasarkan pada sampel pengguna beta di Amerika Serikat. Anda mungkin mendapatkan hasil berbeda.
Setelah melihat penjelasan ini apakah anda merasa sangat yakin dengan Hemat Data Opera Max hingga 50% ?

Kelebihan dan kekurangan ooera max
http://www.opera.com/id/apps/max

2. Jumlah penghematan yang dilaporkan hanyalah perkiraan yang mungkin berbeda dari penghematan sesungguhnya bergantung pada kondisi jaringan.
Setelah melihat penjelasan ini apakah anda sangat yakin dengan informasi jumlah penghematan dalam hitungan Biner (contoh : hemat 1,4 Mb) yang selalu di update Opera Max ?

Kelebihan dan kekurangan opera max
http://www.opera.com/id/help/max/android#videoPacing
Pada dasarnya setelah Opera melakukan kompresi data dan mengirim kembali datanya ke perangkat pengguna, maka otomatis penggunaan data internet menjadi lebih kecil karena data yang sudah dikompres tadi. Akan tetapi akurasi hitungan jumlah penghematannya pasti akan berbeda-beda tergantung misalnya dengan kecepatan internetnya sendiri.

Semakin cepat koneksi internet yang di dapat, maka semakin cepat juga berkurang kuota data internetnya. Apalagi sekarang sedang populer dengan jaringan internet 4G yang memungkinkan pengguna mendapatkan kecepatan yang lebih dibandingkan dengan jaringan 3G, EDGE atau GPRS. Jangan salah loh guys, justru kecepatan jaringan 4G inilah yang cukup banyak menyedot kuota paket internet.


  • Tidak semua aplikasi atau situs masuk dalam daftar Hemat Data Opera Max. Aplikasi/Situs Facebook dan Twitter adalah contohnya. Kedua raksasa sosial media ini secara default sudah menggunakan koneksi aman (untuk situs, sudah menggunakan HTTPS, seperti https.facebook.com dan https.twitter.com), dan secara default juga kedua situs ini sudah melakukan kompresi data seperti gambar, teks atau video. Jadi jangan berharap Opera Max bisa menghemat data untuk Facebook dan Twitter.
  • Penghematan data Opera Max (kompresi) berlaku untuk Teks, Gambar dan Video. Tidak ada kompresi untuk data Biner (ukuran file) seperti misalnya pada saat pengguna memasang/mengunduh/memperbarui aplikasi melalui Market Place perangkat pintar, atau pada saat pengguna mendownload file melalui inbox Email.

Dari kelebihan dan kekurangan yang sudah di jelaskan, bisa diambil kesimpulan bahwa Opera Max adalah merupakan salah satu dari banyaknya solusi untuk menghemat pemakaian data internet di Android. Bagi anda yang ingin melihat solusi dan tips lain tentang bagaimana menghemat penggunaan paket internet, silahkan kunjungi artikel ini.

Hemat Sepuluh Bahan Pokok