Cara Menggunakan Efek PicsArt

Oil painting picsart

Guys... selain hanya sekedar menggunakan efek-efek yang tersedia, PicsArt juga udah nyiapin *Opsi Setingan buat efek yang digunakan. Maksudnya apa yah ? Gini loh, sebelum menyimpan gambar yang udah dibumbuhin efek, kita juga bisa menyeting efek tersebut sesuai dengan keinginan.

Misalnya nih : ada bagian2 dari gambar yang bisa kita hapus pengaruh efeknya, jadi gak semua bagian gambar ditutupin efek tersebut. Ato bisa juga kita menyeting kapasitas efeknya menjadi soft dan gak kental nutupin gambar aslinya. Dan tersedia juga pilihan *Mode yang bisa kita gunakan sbagai alternativ model/tampilan dari efek tersebut.

Nah, makanya nih gue pengen share pengalaman tentang bagaimana menggunakan efek PicsArt, khusunya tentang cara menggunakan *Opsi Setingan Efek di PicsArt. Yuk ikuti tutorialnya berikut ini :

Tutorial menggunakan PicsArt di Samsung Galaxy V Plus Duos


Banyak banget pilihan efek di PicsArt, sbagai contoh gue coba gunakan *Artistic Effect. Nah guys, disini kita bakalan nemuin macam2 efek artistic sperti yang gue pilih : *Oil Painting.

Stelah gambar di upload dan masuk ke fitur *Effect, ketuk *Oil Painting (di deretan kotak efek di bawah) dan otomatis juga gambar akan langsung berubah menjadi gambar dengan efek Oil Painting.

Selanjutnya *Kotak Efek yang udah kita ketuk tadi berubah tampilannya, berisi *Icon Setingan/Equalizer. Inilah yang gue maksud dengan *Opsi Setingan Efeknya. Ketuk kotak yang berisi icon setingan ini untuk memulai proses menyeting efek Oil Paintingnya.



Ini adalah tampilan setingannya, yang paling atas (icon penghapus) adalah alat untuk menghapus efek pada bagian2 tertentu di gambar ato menimbulkan kembali bagian2 tertentu pada gambar sesuai dengan aslinya (tanpa efek). Owh iya guys, di Erase ini nanti ada setingan berikutnya. Nanti gue jelasain dibawah yah...

Yang ditandai dengan kotak hijau (Amount & Fade) adalah setingan ketebalan dan kapasitas efeknya, silahkan atur sesuai keinginan yah. Perlu diketahui juga guys kalo setiap efek berbeda setingannya, misalnya ada tambahan setingan *Point Size, *Contrast, *Brightness, *Angle, *Lines dan lain-lain. Untuk efek Oil Painting yang tersedia adalah *Amount & *Fade.

Yang ditandai dengan kotak kuning adalah pilihan*Mode efeknya. Ini yang gue maksud sbagai alternativ model (tampilan) lain dari efek yang kita gunakan. Silahkan cobain sendiri sperti apa tampilannya (mau yang Normal, Multiply, Color Burn ato mode yang lain)



Lanjutin yang gue jelasin diatas tentang *Erase, ketuk aja *Icon Erasenya dan muncul tampilan setingannya sperti gambar dibawah ini.

Ada *Icon Brush yang gunanya buat menggambar ato menimbulkan kembali efeknya setelah dihapus. Jadi bisa digunakan kalo kita salah menghapus efeknya pada bagian tertentu digambarnya.

Ada *Icon Erase yang udah jelas buat menghapus efek di bagian2 tertentu sesuai keinginan

Dan ada *Wilayah Efek yang maksudnya bisa digunakan buat menentukan bagian mana yang akan dihapus efeknya ato bagian mana yang akan dimunculkan efeknya dalam bentuk wilayah Segi Empat dan Lingkaran). Nah guys, di sini juga ada setingan lanjutannya looh, nanti gue jelasin dibawah yah.




Ketuk *Erase untuk memulai menghapus efek dibagian yang diinginkan. Nah muncul lagi setingannya guys, silahkan atur ukuran ukuran penghapusnya (Size), atur kapasitas penghapusnya (Opacity) ato atur kehalusan penghapusnya (Hardness).

Sama juga kalo kita pengen menimbulkan kembali efeknya, ketuk *Icon Brush dan muncul setingan yang sama sperti tampilan setingan *Erase.




Lanjut gue jelasin tentang *Wilayah Efek. Cobain deh ketuk *Icon Wilayah Efeknya, nanti muncul tampilannya sperti screenshot dibawah ini

Ketuk *Erase lalu pilih model Shapenya (segi empat ato lingkaran), maka efeknya akan terhapus hanya dalam wilayah segi empat ato lingkaran. Silahkan tentukan ukuran shape sesuai keperluan.

Ketuk *Draw dan pilih shapenya (segi empat ato lingkaran), maka hasilnya adalah efeknya akan dimunculkan hanya dalam wilayah segi empat ato lingkaran.



Jangan lupa guys, setiap selesai ngatur setingannya harus diakhiri dengan mengetuk *Centang di sudut kiri atas :) Gimana gampang banget kan ? Brikut hasilnya nih, beberapa gambar yang udah dibumbuhin ama efek Oil Painting PicsArt.

Oil painting picsart



Oil painting picsart

Oil painting picsart