Tutorial Membuat Teks Keren - Picsart

Efek keren  picsart

"Inspirasi itu bisa datang dari mana saja,
termasuk dari tulisan sederhana ini"

Weleeeh baku amat kalimatnya hehe, to the poin aja ya guys. Tutorial ini gue susun dengan format lengkap, jadi jangan pake nanya deeh knapa loading dihalaman ini agak slow dikit. Sperti tutorial yang pernah gue muat sbelumnya, sebagian dari gambar tutorialnya berukuran asli 'Original Size'. Maklumlah, blog ini kan Mobile Friendly jadi gak ada istilah Zoom Page (songonk hahaha), smua gambar langsung terlihat jelas.

Sbelum masuk ke tutorial membuat teks keren dengan picsart, simak dulu nih tools apa aja yang ada di Fitur Draw Picsart. Tujuannya biar gak pake bingunk pas di tutorialnya, biar gak muncul tanda tanya besar *apa ini, apa itu :) Simak gambar di bawah ini !






Naah guys... cukup liatin gambar diatas, pasti dah langsung ngerti. Lanjut yah ke tutorialnya.

1. Pembuatan Latar / Background kosong

Masuk ke Draw > Pilih *Blank dan tentukan ukuran kanvasnya. Terserah mau yang vertikal, horisontal atau tentukan ukurannya sesuai keinginan.



Siiip... sentuh *Opsi Layar untuk membuka tampilan susunan layarnya. Tuh ada 2 layar yang nongol, yg diatas layar kosong dan dibawah layar yang berlatar putih.


Sentuh layar dibawah ! Artinya, layar ini yang akan di eksekusi, kemudian hapus layar ini (sentuh icon *Tempat Sampah diatas untuk menghapus).


Tuh layarnya skarang cuman satu :) tersisa layar yang diposisi atas tadi. Sentuh aja *Done dan lanjutkan ke *Edit Image.



2. Pembuatan Teks

Oalaah kok gelap kaya' gak ada gambar ? tenang aja guys, lanjutin tambahkan Teks sesuai keinginan (sentuh *icon Teks dideretan fitur dibawah).


Pilih font teksnya, ganti warnanya jadi Putih. Sentuh *centang lalu atur ukuran dan posisi teksnya.




3. Pembuatan Efek

Posisi dan ukuran udah sesuai keinginan, lanjut pembuatan efeknya guys.  Masuk lagi ke Fitur Draw (sentuh *icon pena dideretan fitur dibawah)


Ok... penampakannya jadi kaya' gini. Layar kosong (tanpa latar) dengan teks yang ditambahin tadi.


Buka tampilan layarnya, nah ada 2 layar juga nih. Layar atas adalah layar kosong tanpa latar dan layar dibawah adalah layar yang isinya teks yang tadi. Ingat yah guys, yang bakalan kita eksekusi adalah layar yang diatas. Jangan lupa rubah mode layar atasnya dari *normal menjadi *Multiply. Perhatikan gambarnya, skarang bener2 jadi kosong ! Gak usah kuatir yaah, teksnya gak hilang kok, tapi ditutupin dengan mode *Multiply


Skarang proses pembuatan efeknya, sentuh *icon brush (kuas) lalu pilih kuasnya. Geser ke kiri ato kanan untuk melihat jenis2 kuas yang ada. Perhatikan gambar dibawah ini, coba sentuh kuas yang *icon bintang, di sini banyak jenis kuas yang unik, gue coba pake yang *kuas Flower. Owh iya guys, ukuran dan opacity di atur ke posisi penuh, supaya efeknya jadi lebih tajam tampilannya.


Perhatikan lagi gambar dibawah ini. Di sbelah kiri tampilan kuasnya ada *icon pengaturan kuas, banyak rahasia yang bisa kita temuin disini. Mungkin aja sebagian pengguna Picsart jarang menggunakan pengaturan ini. Sbagai contoh, coba geser ke paling bawah dan liat ada yang namanya 'Hue Jitter'. Jika 'Hue Jitter' di atur ke posisi penuh, tampilan kuasnya jadi warna warni. Efek warna warni inilah yang bakalan kita tonjolin dalam Teksnya nanti.


Yes, kuas udah siap guys, lanjutin dengan mengganti warna kuas menjadi Merah. Knapa warna merah ? tujuannya supaya warna warni dari 'Hue Jitter' tadi makin menonjolnya warnanya.


Saatnya proses menggambar, mainkan jari ngikutin satu per satu huruf dalam teksnya, usahakan jangan semua bagian teksnya ditutupin, biar hasilnya jadi lebih unik. Tuuuh guys.. teks yang tadinya hilang, skarang nongol lagi. Kok bisa siih ? ya iya donk, kan dimunculin lagi pake kuas :) 


Teksnya udah muncul semua, lanjut dengan menggabungkan kedua layar (Merge). Yup... tersisa hanya satu layar (layar berlatar kosong) yang isinya teks yang udah dibumbuhin efek bunga warna warni :)


Lanjuut guuys... karna hasil proses diatas masih berlatar kosong, jadi harus ditambahin latar (background). Setiap penambahan layar baru, pasti posisinya slalu berada di paling atas dan berhubung layar baru ini akan dijadiin background maka posisinya harus digeser kebawah (dibawah layar yang berisi teks). 



Liat gambar dibawah guuys... posisi layar baru udah dibawah tuh, layar baru ini yang akan dieksekusi. Nah lanjutin aja masukin warna, misalnya warna Hitam.



Sentuh *centang kalo udah selesai nambahin backgroundnya.
Eeiit... blom selesai, masih ada proses terakhir brikut ini.




4. Penambahan Efek Cahaya

Biar lebih kinclonk, tambahin sedikit efek cahaya (mau lebih juga bisa :) Dideretan bawah fitur picsart, geser ke kiri dan temukan yang namanya  *Lens Flare. 


Wuiiih... banyak pilihan warna dan modelnya.  Pilihan bisa 1 ato lebih untuk kesempurnaan cinta (huss, ngawur hehe), maksudnya untuk hasil terbaik dari desain ini. 


Atur ukuran dan posisi efek cahaya ini dalam gambàr teksnya. Tentukan *Hue (warna efek cahayanya) dan *Opacity (transparansinya). Liatin hasilnya guuys :)





Cihuuy... karya seni udah siap dipublish :) Buat loe yang punya Blog, kale aja ini bermanfaat buat gambar pembuka. Malas ngetik status, yaa pake gambar aja yang isinya teks singkat curhatan hati. Selamat mencoba yah.

Kunjungi Daftar isi walnuttree untuk melihat artikel terkait Picsart

Efek teks keren