Membuat Efek Out Of Frame dengan PicsArt

Membuat Efek Out Of Frame dengan PicsArt

Tutorial PicsArt kali ini ngebahas tentang membuat efek Out Of Frame. Itu loh guys, gambar yang objeknya dipindahin ke luar dari gambar aslinya. Ada 5 proses yang bakalan dikerjain nih, yang pertama adalah proses crop objeknya, kedua proses pencabutan gambar objek dari aslinya, ketiga proses pembuatan Frame/bingkai, keempat proses pengaturan kemiringan gambar untuk efek sperti melayang dan yang kelima adalah tahap akhir penggabungan gambar.
Yuk kita mulai aja yah :

Siapkan gambar yang akan di edit,
Ini adalah gambar yang gue pilih dan akan dirubah jadi Out Of Frame.

Picture by >  Karina Carvalho at unsplash.com


1. Crop objek
Proses ini maksudnya buat motong dan ambil gambar objeknya guys, misalnya gambar orang/hewan. Masuk ke *Tools lalu pilih *Free Crop. Tandai ato warnai bagian dari keseluruhan gambar objek yang akan diambil, dalam contoh ini adalah gambar orangnya. Proses ini emank agak lama, karna harus ditandai dengan teliti untuk hasik crop yang terbaik. Trik buat tandai bagian2 yang sulit adalah zoom (tekan, tahan dilayar lalu tarik) dan rubah ato mainkan ukuran kuasnya. Stelah semua bagian ditandai (warna merah), ketuk *Tanda Panah disudut kiri atas dan lanjut dengan ketuk *Tanda Centang disudut kiri atas lalu save hasilnya.

Free Crop

Zoom untuk menandai bagian yang sulit

Tandai semua bagian dari objek

Objek udah selesai diambil


2. Mencabut/Mengosongkan gambar objek
Ini dimaksud buat nimbulin efek kalo gambar objeknya udah kosong di gambar aslinya dan nanti bakalan dipindahin ke luar. Masuk ke *Tools lalu pilih *Selection. Gunakan *Brush/kuas untuk mulai menandai/mewarnai gambar objeknya. Jangan lupa atur ukuran kuasnya dan zoom untuk menandai bagian yang sulit. Stelah semua bagian dari objek ditandai, lanjut ketuk *Cut untuk mencabut/menghilangkan gambar objek orangnya, ketuk *Centang dan save hasilnya.

Selection

Tandai semua bagian objek orangnya

Objek orangnya udah dikosongkan


3. Membuat Bingkai/Frame
Diproses ini, gambar yang objek orangnya udah dihilangkan akan ditambahin border/bingkai. Upload gambarnya, masuk ke *Border (dideretan bawah fitur) dan atur ketebalan bordernya ato tentukan warna bordernya. Ketuk *Centang dan save.

Ketuk *Border untuk tambahkan bingkai

Atur ukuran dan warna bordernya


4. Mengatur kemiringan gambar yang udah dibingkai
Proses ini dimaksud untuk membuat efek sperti melayang. Masuk ke *Draw, pilih *Blank dan pilih kanvas yang vertikal. Ketuk *Layar kedua (dibawah) yang berisi background putih dan hapus layar ini, lanjut dengan tambahin Layar baru. Upload gambar yang udah dikasi frame/border dan letakkan ditengah. Ingat yah guys... ukuran gambarnya jangan diseting terlalu besar (lihat contohnya dibawah ini). Ketuk *Done kemudian lanjutkan *Edit Image.

Fitur Draw

Hapus Layar kedua

Tambahkan Layar baru

Upload gambar yang objek orangnya udah kosong di Layar paling atas

Dari sini masuk ke *Tools dan pilih #Perspective, kemudian pilih Perspective yang Vertikal dan atur kemiringannya. Ketuk *Centang lalu save.

Perspective

Atur kemiringan (vertikal)


5. Penggabungan gambar
Stelah proses ke 4 selesai, lanjutin ke *Draw. Pilih *Blank dan *Kanvas Vertikal. Ketuk *Layar kedua (yang berisi background putih) dan hapus layarnya. Tambahkan Layar baru lalu upload gambar yang udah dikasi efek miring (sperti melayang), ingat yah guys, gambarnya dimasukin di Layar pertama (diatas), Letakkan dan atur posisi gambar agak kebawah jadi ada ruang kosong diatasnya.

Hapus Layar kedua

Tambahkan Layar baru

Upload gambar yang udah dibingkai di Layar paling atas

Lanjut yaah, tambahkan Layar baru dan upload gambar objek (orang) yang udah disave ditahap pertama. Ingat juga nih guys... skarang Layarnya jadi 3, layar yang baru ditambahin berada dipaling atas (pertama), layar diatas inilah yang diisi gambar objek orangnya. Atur ukuran dan posisinya gambar objeknya sesuai dengan keinginan, yang paling penting adalah gambar objek orang ini harus berada di luar frame. Inilah yang di maksud dengan efek Out Of Frame.

Tambahkan Layar baru dan upload gambar objek orangnya

Ok, Layar pertama udah diisi dengan gambar objek orangnya, lanjut tambahkan gambar apa aja sebagai background/latar(misalnya gambar langit). Ingat yah guys, yang diisi adalah Layar yang paling bawah (ketiga), ketuk dulu layarnya dan upload gambar backgroundnya.

Tambahkan gambar di Layar paling bawah sebagai background
Out of frame picsart

Siip, skarang udah finish nih guys :) Ketuk *Done lalu *Edit image dan tambahkan efek/filter yang tersedia di PicsArt untuk hasil terbaik. Berikut adalah beberapa gambar yang gue edit, moga aja tutorial ini bisa jadi inspirasi kamu hari ini :) Selamat mencoba.

Out of frame picsart


Out Of Frame di Album PicsArt Community

Out of frame picsart
https://picsart.com/walnut_tree


Out Of Frame dengan hasil yang disempurnakan

Out of frame picsart
Disempurnakan dengan trik yang dirahasiakan :)


Jangan lewatkan Tutorial PicsArt berikut ini


Tutorial Membuat Teks Keren - Picsart

Cara Membuat Efek Double Exposure di PicsArt

Membuat Efek Tipografi dengan PicsArt

Efek Keren Kreasi Sendiri - PicsArt

Ganti background foto kamu - PicsArt

Jepret, Edit dan Tunjukkan pada Dunia

< Keyword on Google Search >
https://www.google.com/search?q=out+of+frame+picsart