Kumpulan Kata Unik Dalam Bahasa Indonesia

Indonesia lebih keren

Jujur aja guys, skalipun kita asli Indonesia tapi blom tentu juga tau semua kosakata resmi dalam bahasa Indonesia :)



Makanya nih buat nambah2 pengetahuan kosakata bahasa kita, gue coba share kumpulan kata-kata yang resmi tapi unik skaligus agak aneh dibaca. Kale aja bermanfaat buat yang pengen bikin puisi, nulis lagu, bikin pantun, buat nama anak, judul artikel/tulisan dll. Yuk guys kita telusuri :

Anang
Hehe nih bukan nama orang yah ?,
Anang artinya Anakku (anak saya).

Ainulbanat
Kain yang keren, bagus, elok.

Alkana
Wah, nyangkutnya ke ilmu kimia nih....
Senyawa hidrokarbon jenuh dengan rantai terbuka
(Gak ngerti gue hahaha).

Anabasis
Bagian dari sebuah cerita yang menuju ke klimaks ato puncak ceritanya.

Anadrom
Migrasi ikan dari laut ke air tawar buat bertelor.

Adnan
Ada juga nih yang dipake buat nama,
Adnan keren nih artinya : Surga (firdaus).

Akriflavina
Semacam obat pembasmi kuman,
Pencegah infeksi.

Aziz
Banyak dipakai untuk nama,
Artinya sangat berharga, mulia, terhormat.

Babur
Kacau, tidak teratur.

Bacek
Sama seperti Becek artinya,
Lunak karena mengandung air.

Baban
Mengajar, mendidik.

Babang
Terbuka lebar (menganga),
Bisa tentang luka, mulut dll.

Babar
Ada 3 arti untuk kata ini :
1. Membentang (mengembang),
2. Proses mewarnai dalam pembuatan kain Batik,
3. Menjadi banyak (bertambah),
Jika ditambahkan menjadi *Kebabaran maka artinya menjadi :


Balabad
Angin darat ato angin pegunungan.

Bambang
Eit bukan nama tetangga sebelah yah hehe,
Artinya Luas (lebar),
Kelihatan luas membentang.

Blabar
Yang anak pantai (nelayan) mungkin tau kata ini,
Alat menangkap ikan yang terbuat dari rangkaian daun kering dan dipasang dipantai.

Babal/Kebabal
Wujud dari bakal buah nangka,
Kalo bahasa sederhananya bisa dibilang buah nangka yang masih bayi/kecil.

Caba
Slengean, sembarangan, cuek.
Tentang tingkah laku.

Cabar
Hilang manfaatnya,
Hilang kekuatannya,
Tidak ada daya,
Tidak manjur lagi.

Cabau
Cakar/garuk.

Campah
Hambar, tawar,
Gak enak karna kurang bumbu.

Dabal
Hiasan yang digantung pada ikat pinggang.

Dabat
Binatang

Gabai
Jika ditambahkan menjadi *gabai-gabai,
Artinya perhiasan sanggul yang terbuat dari emas tipis.
Jika ditambahkan menjadi *Menggabai,
Artinya mengulurkan tangan mencapai sesuatu (menggapai).

Gabak
Ada 3 arti dari kata ini :
1. Mendung, redup, suram.
2. Penyakit panas menular yang menimbulkan bintik merah pada kulit.
3. Penggaruk besar yang ditarik sapi/kerbau untuk membajak sawah.

Gabardin
Bahan tekstil dari katun, sutra ato wol yang dibuat tahan air.

Gabas
Kasar hasilnya, tapi dibuat dengan proses yang rapi.
Jika ditambahkan menjadi *Tergabas,
Artinya adalah tergesa-gesa, terburu-buru.

Galaba
Sedih, pilu.

Gedabah
Hiasan rambut berbentuk segitiga.

Gerabah
Alat dapur yang terbuat dari tanah liat yang dibakar.
Seperti kendi, gentong ato belanga.

Grabadan
Usaha tani kecil,
Menjual hasil pertanian di pasar.

Hablur
Benda keras bening seperti kaca/kristal.

Jejabah
Jerami dan daun kering yang dipakai untuk alas tidur hewan.

Jerabai
Jika ditambahkan menjadi *Terjerabai,
Artinya adalah tergantung, bergelantungan seperti potongan kain yang digantung pada seutas tali.

Kaba
Sastra tradisional minangkabau yang digunakan pada sebuah irama.

Kalaza
Istilah sains dari Putih telur

Kabang-kabang
Sarang laba-laba yang dipenuhi hasil tangkapan ato kotoran,
Biasanya terdapat didapur ato gudang tua.

Kabau
Pohon yang buahnya berbau tidak sedap,
Tapi dapat di makan.

Kakaban
Ijuk yang dijepit dengan bambu, dibelah dua memanjang,
Dipakai untuk melindungi telur ikan dalam empang.

Kasabandiah
Mayat yang tetap utuh meskipun sudah dikubur bertahun-tahun.

Kersik
Ada 2 arti dari kata ini :
1. Kersik adalah Bunyi seperti daun kering yang bersentuhan
2. Kersik adalah Pasir kasar.

Kersuk
Gak beda jauh dengan Kersik,
tapi suaranya lebih keras (bunyi seperti daun kering yang bersentuhan)

Keratabasa
Kata ini seperti kata klasik (tradisional) tapi ternyata banyak dipakai anak muda jaman sekarang. Tau kan istilah 'benci tapi rindu', ato 'sebenarnya Suka tapi bilangnya Benci'. Keratabasa bisa diartikan sebuah kata yang dimaknai berbeda sebagai lelucon (candaan).



Ayo All Out Indonesia !
Merdeka atau selamanya dijajah Asing



Kontrabande
Barang seludupan.

Kontrabas
Alat musik berdawai dengan suara rendah
(Masuk dalam kelompok Biola).

Labak
Ikan laut kecil yang biasa dijadikan Pekasam.

Mahabah
Perasaan sayang yang berlebihan hingga lupa diri.

Malikuljabar
Tuhan yang Maha Kuasa.

Malabau
Bau yang tidak sedap.

Mudarabah
Sistem kerjasama yang hasilnya akan dibagi sesuai kesepakatan (perjanjian).

Mukabalah
Memperbandingkan, mempertentangkan.
Membanding-bandingkan.

Nabatah
Dunia flora,
Dunia tumbuh-tumbuhan.

Pekasam
Ikan yang diasinkan, dijemur dan disimpan lama.

Parabasis
Bagian dari pertunjukan komedi Yunani kuno dengan paduan suara yang berada didepan dekat penonton.

Raba-rubu
Berlari kesana kemari,
Tergesa-gesa,
Panik.

Rabak
Koyak, Robek.
Diartikan *Terbakar jika ditambahkan menjadi *Terabak.

Raban
Istilah balita yang sedang belajar bicara,
Misalnya ma ma ma, ta ta ta, ba ba ba.

Rabas
Air yang jatuh dari daun setelah hujan.
Bisa juga diartikan menjadi 'bertitikan', 'berjatuhan'.
Misalnya 'merabas air mata'.

Rumpang
Sela sela gigi,
Sela sela pagar,
Sela sela waktu
Bagian yang kosong.



#LebihKeren Indonesia
Anda setuju atau ?



Ruaya
Pindah dari satu tempat ke tempat lain.
Migrasi untuk berkembang biak seperti burung ato ikan.

Sabatikal
Cuti panjang untuk istirahat,
Mengadakan penelitian,
Kursus untuk menambah ilmu.

Swabakar
Kemampuan untuk mengeluarkan api sendiri,
Misalnya Batubara.

Tabar-tabar
Tumbuhan (daun) yang digunakan untuk obat.

Tabarak
Mendapat berkah (rejeki).

Telabang
Perisai panjang.

Wabakdu (wabakdahu)
Sesudah, kemudian.

Wirabank
Penjaga keamanan di Bank.

Wrisaba
Taurus

Zabarjad
Kristal yang digunakan untuk batu permata.

Xantofil
Pigmen kuning yang terlihat pada daun setelah warna hijaunya.

Xilografi
Seni pembuatan ukiran (pahatan).

Xilologi
Ilmu tentang struktur kayu.

Xifoid
Berbentuk pedang.

Xenokrasi
Pemerintahan negara yang dipimpin oleh orang asing.

Xenofobia
Ketidaksukaan pada orang asing.



"Pencarian kata melalui KBBI
(Kamus Besar Bahasa Indonesia)"