Jangan Lewatkan ini di Facebook

Pengguna facebook

Facebook emang gak pernah ketinggalan update fitur2nya. Sbagai contoh skarang ada fitur/aplikasi On This Day yang lagi banyak digunakan pengguna Facebook. Fitur yg ngetrend dengan istilah *Kenangan Pada Hari ini adalah membagikan kembali (repost) konten2 facebook yang pernah kita share dulu, seperti Status, Foto, Video dll.

Selain OnThisDay, sbenarnya ada beberapa fitur lain yang kale aja gak terlalu populer di Indonesia. Tapi kalo menurut gue sih justru fitur2 ini yang lumayan bermanfaat buat yang aktif di Facebook. Mau tau apa aja ? Yuk kita telusuri :

(Tutorial ini menggunakan situs m.facebook.com & Operamini)

1. Tersimpan
Fitur ini bisa jadi jarang dimanfaatin facebooker, karena emang gak ada pemberitahuan online dari Facebook ke akun kita sperti aplikasi OnThisDay. Apa kegunaan fitur ini ? keren juga nih guys, loe bisa Simpan semua konten pribadi atopun konten yang dibagikan teman dan bukan teman di Facebook. Konten yang dimaksud sperti status, foto, video, tautan dll. Kalo udah disimpan, loe bisa liat putar ato baca kapanpun yang loe mau. Yaa itung2 buat kenangan juga sih :) Fitur ini tersimpan rapi di *Pengaturan Facebook.

Facebook bookmarks

Facebook Tersimpan

Gimana cara *Menyimpan konten Facebook yang diinginkan ? Sentuh *icon opsi (liat gambar dibawah) dan pilih *simpan kiriman/foto/video/tautan

Simpan kiriman facebook

Konten yang disimpan udah masuk di Album *Tersimpan

Simpan kiriman facebook


2. Log Aktivitas
Pengen tau kapan pertama kali akun Facebook loe aktif ? Status yang pertama di share ? Foto yang pertama di unggah ? Di fitur ini semua data konten dan aktivitas tersimpan abadi :) (selama akunnya blom dihapus). Nah buat loe yang pengen nostalgia dengan status/foto/video yang dulu pernah di share ke Facebook, di sini tempatnya guys, lengkap dari pertama Facebook loe aktif sampai detik ini. Masuk ke *Pengaturan dan pilih *Log Aktivitas

Log aktivitas facebook

Pilih aja bulan ato tahun yang pengen loe liat, dijamin perasaan loe bakalan campur aduk liat apa yang dulu pernah di bagikan ke Facebook :) termasuk kenangan status/foto pertama sejak akunnya aktif dan aktivitas sperti komentar, Like dll

Log aktivitas


3. Preferensi Kabar Berita
Naah ini nih yang penting buat loe yang pengen ngatur siapa aja (teman facebook) yang kabar beritanya (status/foto/video dll) paling pertama/teratas diliat di Beranda Facebook loe. Misalnya si kekasih hati, anggota keluarga dan teman kerja. Jadi hanya orang2 pilihan yang kabar beritanya bakalan terliĆ t lebih dulu (jadi prioritas) di Beranda. Masuk ke *Pengaturan > pilih Preferensi Kabar Berita dan pilih preferensi yang diinginkan (liat gambar)

 preferensi kabar berita facebook

"Prioritaskan siapa yang dilihat pertama" : Sentuh siapa aja yang jadi pilihan (tanda bintang akan muncul stelah dipilih)

Preferensi kabar berita facebook

"Berhenti mengikuti orang untuk menyembunyikan kiriman mereka". Ini dimaksud supaya kabar berita mereka gak terlihat di Beranda. Contohnya orang2 yang slalu share konten yang gak baik (pertemanan gak terhapus). Pilih siapa mereka, biar Beranda Facebook loe enak diliat dan dibaca.

Preferensi kabar berita facebook


Ok guys, info tentang ketiga fitur ini bisa jadi referensi buat kenyamanan aktivitas di Facebook dan melihat histori akun Facebook kesayangan :). Karena Facebook yang slalu *Kekinian update hal2 baru, bisa jadi bakalan hadir lagi fitur/aplikasi yang diperbaharui ato yang bener2 baru. Kita tunggu aja deh :)

Yang Harus diketahui :