Hemat Sepuluh Bahan Pokok


Dulu populer banget dengan yang namanya "Sembako (Sembilan Bahan Pokok), tapi skarang karna makin edannya dunia ! kaya'nya sih Sembako harus dirubah menjadi "Sepbako (Sepuluh Bahan Pokok). Tau gak kira2 apa bahan pokok yang skarang berada diurutan ke-10 ? Perhatikan urutannya berikut ini :
  1. Beras
  2. Daging/ikan
  3. Sayur
  4. Gula
  5. Garam
  6. Minyak goreng
  7. Telur
  8. BBM
  9. Susu
  10. Pulsa (komunikasi & Internet)
Pulsa :D stuju kan kalo Pulsa menjadi salah satu bahan pokok ! Lalu apa sih alasannya ? Mudah aja guys, siapa sih diantara kita yang gak punya hp ? bisa dipastikan bahwa setiap orang udah punya perangkat bernama Hp/Smartphone/Tab, skarang apa gunanya punya Hp/Smartphone/tab kalo gak ada pulsanya ? Nah pulsa udah punya, trus mau diapain ? hehe pasti digunakan untuk komunikasi dan akses internet. Kalo pulsanya habis ? Ya beli lagi donk :)

Bahkan kalo ngeliat kenyataan di sekeliling, "gak apa2 deh nahan lapar asal bisa beli pulsa buat nelpon, sms, internetan"... hehe artinya makan bisa aja ditunda, tapi tidak untuk isi pulsa !


Dan semakin berkembangnya dunia digital, yang dulunya pulsa hanya getol dipake buat komunikasi (nelpon,sms), skarang buat apa punya Perangkat pintar canggih kalo gak disambungin ke dunia internet ? Bisa dibayangin kan brapa biaya yang harus terkuras untuk komunikasi dan internet.

Salah satu aktivitas populer yang mengharuskan penggunaan internet adalah Aplikasi Jejaring sosial yang punya fitur pesan instan yang lebih cangggih dari sms, bahkan nelpon pun lebih jernih jika dibandingkan dengan nelpon biasa.

Dari kecanggihan ini maka kebanyakan orang skarang lebih getol manfaatin pulsa untuk internetan daripada pulsa yang digunakan untuk komunikasi klasik handphone.

Mau kirim pesan ? Yaa harus punya paket internet ! Mau nelpon ? Harus donk punya paket internet ! Ditambah lagi dengan embel2 hiburan sperti Nonton video streaming (Youtube), Nulis blog, baca buku online dan urusan download gambar, video, mp3, file (dokumen). Coba deh bayangin brapa duit yang harus terkuras untuk keperluan online ini !

Mikirin Sembako aja lumayan pusing buat yang punya penghasilan pas2an, orang yang katanya punya penghasilan yang banyak juga pasti gak gampang hamburin duit demi Sembako, apalagi dijaman skarang nih nambah lagi satu kebutuhan pokok bernama pulsa ! Komplit deh jadi Sepuluh Bahan Pokok, dan artinya juga duit jadi makin gampang nyosor keluar :).

Makanya muncul istilah "manajemen keuangan" buat ngatur keluar masuk duit., kalo bahasa sederhananya yaa harus irit, harus hemat.

Contohnya : biar beras bisa hemat gak cepet habis, solusinya cukup makan teratur 3 x sehari, jangan maksa ngikut nafsu pengen makan 8 x sehari hahaha. Kalo pengen minyak goreng irit gak cepet ludes, solusinya harus punya menu selingan, hari ini temen nasi adalah makanan yang digoreng, besoknya temen nasinya harus makanan yang direbus :) jangan maksa gorengan mlulu ntar kolesterolnya naik loh hehe.


Lalu gimana donk kalo pengen ngirit paket internet ?
Gimana donk biar gak teriak2
'waduuh... paket internet gue cepet habiiiis'

hehe sebenarnya bisa aja sih kalo mau :)
sekedar bagi2 pengalaman aja nih guys buat pengguna Smartphone/Tab :

1. Pilih paket internet yang termurah.
  • Persaingan penyedia layanan paket internet skarang emang lagi edan, efeknya pasti saling banting harga. Bersaing yang paling murah, apalagi kalo ada event besar kaya' 17an, lebaran dll. Jadi silahkan pilih yang termurah sesuai pantauan :)
  • Sbagai catatan penting aja nih guys, hati2 dengan penawaran yang sekilas emank murah. Yang harus dilakukan adalah pelajari lebih dalam dulu tentang paket internet tersebut. Misalnya tertulis : Harga Rp.25rb untuk 4 GB/bulan, cek dulu apakah 4 GB yang ditawarkan dapat digunakan pada semua jaringan ato gak ! Lebih untung jika kuota yang ditawarkan bisa digunakan untuk semua jaringan (3G ato 4G). Kalo ternyata kuota 2 GB dibagi untuk 2 jaringan (1 GB untuk jaringan 3G dan 1 GB untuk jaringan 4G), maka kemungkinan besar kuota 2 GB gak bakalan bisa digunakan semua. Tau sendiri kan guys kalo jaringan 4G blom merata tersedia, jadi kita hanya bisa gunakan kuota yang 1 GB aja dijaringan 3G.


2. Gunakan paket internet khusus untuk keperluan khusus.
  • Buat yang doyan download, disarankan untuk menggunakan paket khusus download.
  • Yang suka nonton video streaming ato Youtube, sebaiknya gunakan juga paket yang dikhususkan untuk Youtube.
  • Yang getol begadang malam, tersedia juga paket malam yang kuotanya lumayan gede dengan harga terjangkau.
  • Ato yang setia dengan browser Opera/Opera Mini, juga bisa gunakan paket internet khusus browser ngetren ini. Kebetulan banget hampir semua operator besar di Indonesia menyediakan paket2 sperti ini.

3. Gunakan Browser dengan fitur Penghemat Data.
  • Dua browser paling populer di Indonesia udah nyediain fitur ini buat pengguna setianya. Lengkap dengan fitur penghemat data tambahan lainnya kaya' *Blokir Pop Up dan *Blokir Iklan. Kalo fitur ini diaktifkan, muncul peringatan otomatis pada saat masuk ke situs2 yang didalamnya terdapat iklan dan pop-up. Meskipun pada kenyataannya gak smua iklan ato pop-up bisa diblokir, tapi lumayanlah ada warning supaya kita bisa segera cabut dari situs yang terlanjur dikunjungi.

  • Video online/Streaming/Youtube adalah salah satu peyumbang duit terbesar di dunia internet selain Download ! Hehe maksudnya nih guys, paling gede habisin kuota paket internetnya. Makanya browser populer ini juga sediain fitur *Kompresi video. Jadi buat yang suka mlototin video dan mengaktifkan fitur ini, otomatis kualitas dari video akan berkurang. Alhasil pemakaian datanya juga lebih kecil.
  • Selain mengurangi kualitas video (kompresi video), melalui browser ini juga kita bisa mengurangi kualitas gambar (multimedia) pada saat browsing ato ngunjungin salah satu situs/website/blog. Cara ini lumayan efektif untuk pemakaian data yang lebih kecil.

  • Penghematan data melalui browser ini juga bisa dilakukan dengan menggunakan User Agent yang bener. Owh iya guys, user agent yang dimaksud adalah tampilan layar internetnya, ada tampilan *Mobile dan *Desktop/Komputer. Sangat disarankan untuk menggunakan tampilan Mobile kalo pengen hemat paket internet di Smartphone/Tab.


4. Nonakfifkan atau Paksa Berhenti aplikasi bawaan perangkat yang otomatis menggunakan data internet.
  • Google Play Store : Gak sadar aplikasi ini yang suka banget makan kuota internet :), tiba2 aja muncul pemberitahuan *Pembaruan aplikasi ! Hati2 guys, brani nyentuh pemberitahuan ini, maka 2 3 pulau pun terlewati :) artinya 2 ato 3 aplikasi sekaligus di download ke versi yang lebih baru. Makanya menonaktifkan ato dipaksa berhenti aplikasi ini bisa menghemat paket internet. Owh iya guys, nonaktifkan bukan berarti Menghapus aplikasi (hanya menghapus dari folder), jadi sewaktu2 jika diperlukan bisa diaktifkan lagi. Paksa Berhenti hanya memberhentikan aja (aplikasi masih tersimpan di folder).
  • Gmail : Kalo emank gak perlu2 amat, mending di non aktifkan aja deh :) Apalagi Gmail yang dibuat untuk Sosmed kaya' Facebook dan Google+ !, banyak banget email pemberitahuan aktivitas yang gak penting di kirim ke email. 

Cara Nonaktifkan dan Paksa Berhenti aplikasinya bisa melalui *Manajer Aplikasi di *Pengaturan.



5. Hentikan aplikasi yang Berjalan ato aktif dibelakang layar pada saat layanan internet diaktifkan.
Beberapa aplikasi yang menggunakan layanan internet bisa jadi otomatis berjalan sendiri dibelakang layar tanpa kita ketahui. Cara melihat aplikasi apa aja yang sedang Berjalan bisa dari *Manajer Aplikasi di *Pengaturan. Pilih aplikasinya lalu ketuk *Stop




6. Matikan sambungan Paket Data
Ini cara yang paling ampuh dan mudah dilakukan tapi banyak yang sering lupa :) Lagi asik internetan dikamar tiba2 datang temen ngajak main diluar, smartphone dilempar diatas kasur, sambungan internet lupa diputusin. Sejam kemudian, dijamin kuota nya pasti berkurang ;) Jadi guys, jangan lupa off kan sambungan internet jika gak diperlukan untuk menghemat paket internet.


Selain 6 poin cara menghemat paket internet diatas, sebenarnya banyak juga persiapan awal yang bisa diterapin. Misalnya hindari mendownload terlalu banyak aplikasi online, aplikasi Facebook contohnya. Aplikasi ini selain berat juga memakan banyak kuota internet, solusinya bisa download aplikasi Facebook versi Lite ato gunakan m.facebook.com melalui browser.

Jangan tergiur dengan aplikasi komersil sperti Clean Master ato yang serupa, aplikasi ini terlalu banyak memuat iklan online. Sbenarnya tanpa aplikasi ini kita juga bisa membersihkan perangkat dengan cara manual.

Baca artikel terkait :
Cek memori perangkat dan bersihkan

Gunakan aplikasi yang bermanfaat dan urgent diperlukan. Kalo nafsu pengen nyobain smua aplikasi sih, bole2 aja guys tapi efeknya kurang bagus buat kinerja perangkatnya. Bijak dalam penggunaan, udah pasti perangkatnya lebih tahan lama dan pemakaian paket internetnya juga lebih hemat.

Ok guys, selamat menghemat Sepuluh Bahan Pokok.