Cek Memori Android kamu, sekarang !


Cek memori perangkat android ? emang perlu gitu ? Hehe iya donk harus ! Artinya loe bisa kontrol berapa banyak tempat/memori yang udah dipake, jangan nunggu androidnya tiba2 ngadat gara2 memorinya kepenuhan :) Dari sini, nanti loe bisa ngambil keputusan apa yang akan dilakuin supaya perangkat androidnya bisa lancar dan ringan beroperasi.

Trus, gimana cara ngecek memori di android ? Guampank banget guys, tapi sbelumnya cari tau dulu jenis2 memori yang ada dalam perangkat android.

1. Memori Perangkat/Internal.
Aplikasi ato file bisa jadi disimpan di memori internal, entah aplikasi/file bawaan dari pabrik ato emank yang di download.

2. Memori Eksternal/Kartu SD/USB.
Biasanya sih aplikasi/file yang di download bisa juga disimpan di memori tambahan ini, biar perangkatnya kagak kebanyakan nampung. Kalo banyakan, kan loe tau sendiri akibatnya :)

3. Memori RAM (Random Access Memory).
Sederhananya, RAM dianggap sbagai memori ato tempat nyimpan sementara, pada saat perangkat android dinyalain dan pada saat aplikasi dijalankan. Ilustrasinya nih : ketika sebuah aplikasi dijalankan, secara otomatis sebagian data dari aplikasi ini akan diproses dan disimpan di memori RAM lalu dieksekusi dan dibaca oleh Prosesor/Otak Perangkat. Nah kalo android loe punya memori RAM yang gede', bisa dipastikan kemampuan perangkat android loe bakalan ma'nyus :) Tapi perlu loe ingat juga nih guys ! Jangan mentang2 punya RAM yang gede' trus gak ada abisnya download aplikasi ! Kemampuan operasi perangkat tetap tergantung dengan kapasitas.

Sekarang, saatnya ngeceń∑ memori yah guys (Android Samsung) :
1. Masuk aja di *Pengaturan dan lanjutin ke *Penyimpanan. Dari sini loe bisa dapat info tentang kapasitas memori yang udah dipake dan sisanya. Yang bisa dilihat hanya memori internal dan eksternal.


Perhatikan gambar diatas, buat loe yang pengen bersiin data/memori penggunaan dari file/aplikasi, tekan aja *Data yang disimpan lalu tekan *Ok (tindakan ini bukan untuk menghapus file/aplikasi, jadi gak perlu takut guys). Manfaatnya bagus loh, bikin mulus kinerja perangkat androidnya :)



2. Cara kedua ini bakalan menampilkan semua aplikasi yang ada di android, lengkap dengan info jumlah memori yang udah dipake dan sisa ruang memorinya. Selain memori internal dan eksternal, loe juga bisa lihat info kapasitas dari Memori RAM. Caranya : Buka *Pengaturan dan lanjut ke *Manajer Aplikasi.




Setelah liat info kapasitas memori dari cara kedua ini, loe sekarang bisa ngambil beberapa keputusan/tindakan buat kinerja perangkat android yang lebih ringan (jika emang harus/diperlukan). Caranya : Tekan salah satu aplikasi yang bakalan loe tindaki. Selanjutnya silahkan pilih *Paksa berhenti (hentikan aplikasi sekarang juga), *Hapus instalan (untuk hapus aplikasi secara permanen), *Pindah ke Kartu SD (meringankan kapasitas memori internal/perangkat), *Hapus Data (bukan untuk menghapus aplikasinya, tapi hanya menghapus data, memori dan histori aplikasi ! Tindakan ini membuat aplikasinya seperti baru didownload).


Gimana guys ? Udah dapat dikit pencerahan nih ;) yawdah deh, tunggu apalagi ? Lakukan yang loe mau, sekarang !