Cara Melaporkan Sesuatu di Facebook

Cara Melaporkan Sesuatu di Facebook

Guys... gampang banget yah bikin sebuah konten di Facebook ! misalnya bikin status, upload foto, bikin halaman (fanpage), bikin grup, kirim komentar dan bahkan bikin profil baru pun gampang dan bisa semaunya. Nah dari segala macam kemudahan ini, efeknya adalah Facebook bisa digunakan untuk sesuatu hal dengan tujuan yang gak baik !

Misalnya nih : Update status provokasi ato ajakan kebencian, unggah foto kejadian yang mengerikan, foto editan provokasi, banyaknya profil Facebook palsu yang sering promosi situs penyebar berita palsu/hoax, Fanpage/Grup yang sengaja dibuat untuk Spam/Penipuan dan Pornografi.

Hal ginian sering kita temuin di Facebook setiap hari ! Coba deh perhatikan, sayang banget banyak pengguna yang terpengaruh dengan status ato foto palsu/editan bernada provokasi. Biasanya pengguna yang terpengaruh ini memberi Komentar dukungan tanpa dipelajari dulu.

Ok deh... buat loe yang pengen Melaporkan Sesuatu di Facebook, berikut petunjuknya (tutorial ini menggunakan browser Operamini Android dan situs Facebook mobile m.facebook.com) :

1. Melaporkan Profil (Teman ato Bukan Teman). Ada profil yang mencurigakan ? Profil penyebar fitnah, penipuan, kebencian ? Yuk laporin aja guys : Masuk ke profilnya > pilih *Lainnya > lalu pilih *Laporkan Profil ini dan ikuti petunjuk dilayar.



2. Melaporkan Kiriman (Status Tulisan Teman/Bukan Teman/Fanpage/Grup). Status yang udah jelas2 gak baik, disikat aja deh guys : Ketuk *icon option > Laporkan kiriman dan ikuti petunjuk dilayar



3. Melaporkan kiriman di Kronologi/profil sendiri. Ada yang nyebelin banget ngirim tulisan/foto di profil ? Caranya sama dengan *Melaporkan Kiriman (poin nomor 2) > lalu ketuk Laporkan kiriman / Foto. Ato kalo gak mau ada yang bebas ngirim ke profil, diseting aja di Pengaturan (pilih *Kronologi dan Penandaan)

4. Melaporkan Foto/Video (di Teman/Bukan Teman, Fanpage, Grup). Nah ini yang paling ngetrend skarang di Facebook, yang gak pantas mending laporin aja biar kapok tuh yang upload. Cara melaporkan Video sama dengan *Melaporkan kiriman (poin nomor 2). Untuk Melaporkan Foto, masuk ke fotonya > sentuh *Pilihan lainnya > lalu Laporkan foto. Bisa juga menggunakan cara seperti di poin 2 untuk dilaporkan sbagai *Kiriman tanpa harus masuk ke fotonya.



5. Melaporkan Pesan tulisan/foto. Bisa juga dengan langsung menghapus pesannya, kalo masih bandel yah laporin aja guys ! Sentuh *icon option > *Laporkan Spam atau Pelanggaran dan ikuti petunjuk dilayar



6. Melaporkan Fanpage ato Grup. Kalo memang memuat konten2 yang gak baik, gak salah donk di laporin. Masuk ke Fanpage ato Grupnya > sentuh *icon option dan Laporkan




7. Melaporkan Komentar. Ini hanya berlaku buat komentar orang lain yang bukan Teman Facebook, misalnya di status teman ato di Fanspage/Grup. Kalo emank komentarnya gak pantas, bisa juga dilaporin. Ketuk aja *Lainnya > lalu laporkan dan ikuti petunjuk dilayar.



Yang terakhir ini adalah cara terbaik 'Melaporkan Sesuatu di Facebook'. Contoh kasusnya nih guys : Loe punya mantan pacar yang udah *Blokir akun Facebook loe, otomatis gak bisa donk liat langsung akun profil si mantan. Eh dapat info dari temen loe kalo si mantan unggah foto kenangan ****hot loe berdua dulu ! Hmm Pusing 7 keliling kan ? Tapi tenang aja guys, masuk aja ke alamat ini :

https://m.facebook.com/help/contact/274459462613911

Kemudian pilih alasan *Penyalahgunaan Lain > pilih *Ya untuk pertanyaan 'Apakah anda punya akun Facebook' (pilih *Tidak jika ingin mengirim laporan Tanpa Menggunakan Akun Facebook) > pilih *Ya untuk pertanyaan 'Apakah anda diblokir dari melihat konten yang ingin anda laporankan' > lanjut dengan mengikuti petunjuk, mengisi form yang tersedia dan sentuh *Kirim.

Cara Melaporkan Sesuatu di Facebook


Contoh kasus kedua : Gak sengaja nemu salah satu pengguna Facebook yang ternyata menggunakan Foto pribadi loe sbagai foto profilnya tanpa izin. Apalagi kalo ternyata akun Facebook ini sering update status ato unggah foto2 ***wow !
Jangan panik guys, masuk aja ke alamat ini :

https://m.facebook.com/help/contact/797573933590053

Kemudian pilih alasan yang nomor satu (Privasi - Foto atau konten lain yang menampilkan saya) > setelah memilih alasan yang sesuai dengan kasus ini, otomatis akan muncul halaman selanjutnya. Terus ikuti petunjuk dan tentukan pilihan yang benar sampai selesai dan sentuh *Kirim.



Ini tanggapan positif pihak Facebook setelah pengguna mengirimkan Laporan

Cara Melaporkan Sesuatu di Facebook

Ini adalah pemberitahuan Facebook, setelah laporan di teima dan di eksekusi




Gimana guys... ada yang mau 'Melaporkan Sesuatu di Facebook' hari ini ? Eit tapi ingat yah, gunakan dengan bijak loh ! Jangan cuman gara2 Cemburu buta, trus pengen main lapor aja hehe... Selamat Melapor